Thursday, December 27, 2012

siapa yang benar? saya atau mereka?

ada pertanyaan dari seseorang yang mungkin sedang kebingungan berkat kontemplasi agak serius setelah mengalami sesuatu di kampusnya. tanyanya, "teh sebenarnya pandangan orang lain ke kita atau pandangan kita ke diri sendiri ,, mana yang lebih mendekati benar?"
jawabku:
"kalau ditanya: orang lain-kah atau diri kita sendiri? jawabannya tentu diri kita sendiri, sebab 'maqaashidullafzhi alaa niyyati llaafizhi', kita yang paling tahu maksud diri kita berbuat sesuatu. Walau orang pun akan menilai kita sebab penilaian orang itu akan menjadi ukuran amal kita dalam kehidupan sosial. yang jelas kritikan yang orang lain alamatkan kepada kita tidak lain adalah karena kepedulian akan perubahan menuju keadaan yang lebih baik.

kadang ku juga berfikir 'justru saya bingung dengan diri sendiri', tak mengenali diri sendiri. Saat itu kita menyadari bahwa yang paling tahu tentang diri kita adalah Allah. Sebab memang pada hakikatnya seperti itu.
yang jelas, tugas kita sekarang adalah berusaha sekuat tenaga untuk meningkatkan kualitas diri di hadapanNya, itulah sebaik2 manusia di hadapan Allah, tak peduli apa kata manusia.
sebab lagi-lagi ukuran kebenaran itu adalah kitabullah dan sunnah Rasulullah, bukan manusia. sangat picik bila manusia yang lemah dan serba terbatas dijadikan ukuran kebenaran..."

biarkan terbang

Rabbiy, izinkanlah energi positifMu senantiasa mengalir bersama tiap-tiap sel darah merah dalam tubuhku, melewati setiap milinya sehingga energi itu akan senantiasa mengiringi setiap hela nafas serta serat-serat otot kakiku untuk berlari kencang kemudian terbang mencari cintaMu,,,,