Thursday, June 27, 2013

Muslimdaily.net Siapkan Insan Media Beradab


BANDUNG --Training Jurnalistik gratis Muslimdaily.net dibuka hari ini, Ahad (16/6/2013) di Pondok Tinggi al-Quran Maqdis, kediaman Ust. Syaiful Islam, Jl. Riungpurna II No. 18, Riung Bandung.

Training yang dimulai pukul 10.00 ini dibuka oleh pimred Muslimdaily.net sendiri M. Zulfikri dengan tontonan beberapa film dokumenter terkait penggunaan media sosial beberapa tahun belakangan yang peranannya sangat signifikan.

Beberapa tayangan dalam dokumeter tersebut memperlihatkan beberapa fakta perubahan sosial yang terjadi dalam kehidupan riil secara revolusioner dan dramatis berkat 'peran' media sosial, seperti fenomena "Koin untuk Prita", #IndonesiaTanpaJIL, dan lain-lain.



Melalui dokumenter tersebut, Fikri ingin menegaskan kepada peserta bahwa penggunaan media sosial saat ini sangat efektif dan efisien bagi menebar syi'ar.

Sebab itu, menurut Fikri, pemuda muslim harus memanfaatkan media sosial ini untuk banyak ber'opini' dan menjadi pengendali wacana.
Selain arti penting media sosial bagi sebuah pergerakan pemikiran, pada sesi berikutnya Fikri juga menekankan akan pentingnya berlaku adil serta menerapkan prinsip-prinsip jurnalisme secara proporsional-profesional. Kelalaian terhadap prinsip-prinsip tersebut menurutnya beresiko menurunkan kredibilitas sebuah media, apalagi jika hal itu terjadi pada media-media Islam.

Sehubungan dengan itu, Fikri mengutip sebuah ayat al-Quran: 
“Wahai orang-orang yang beriman, apabila datang seorang fasiq dengan membawa suatu informasi maka periksalah dengan teliti agar kalian tidak menimpakan musibah kepada suatu kaum karena suatu kebodohan, sehingga kalian menyesali perbuatan yang telah kalian lakukan.” (QS. Al-Hujurat: 6)
Training jurnalistik gratis ini diselenggarakan MD.net di beberapa kota besar di Indonesia, di antaranya Solo, Jakarta, Depok, dan Bandung dalam tengat waktu Juni-Juli (2 bulan). Materi yang diberikan dalam training selama 4 hari 8 sesi tersebut meliputi beberapa materi dasar jurnalistik di antaranya pengantar jurnalistik, jenis-jenis berita, cara pembuatan berita, dan lain-lain.



Rep: Risna Inayah_

biarkan terbang

Rabbiy, izinkanlah energi positifMu senantiasa mengalir bersama tiap-tiap sel darah merah dalam tubuhku, melewati setiap milinya sehingga energi itu akan senantiasa mengiringi setiap hela nafas serta serat-serat otot kakiku untuk berlari kencang kemudian terbang mencari cintaMu,,,,