Tuesday, March 25, 2014

Aceng Zakaria



Merhatiin rak,
Tiba2 pndangan st tertuju pada kitab alHidaayah fii Masaa-ila fiqhiyyah muta'aridlah. Lama brgelut dgn aktivitas & buku2 lain mmbuat sy rindu mereguk ilmu dari kitab tersebut, lagipula sy telah lupa dengan bnyak hal yg diajarkn d sana.
kitab ini mgkin mnjadi pegangan & scara intensif dipelajari santri2 pesantren Persis d seluruh Indonesia (eh seluruh pulau jawa). Pengarang kitab ini adalah alUstaadz Aceng Zakaria gelar "alUstaadz" (profesor) memang nampaknya pantas disematkan kepada beliau karena kepakaran dlm berbagai bidang ilmu agama meski secara formal tak ada satupun gelar kesarjanaan yg disandangnya. Ulama asal Garut ini telah menulis lebih dari 50 judul buku baik dalam bahasa Arab maupun bahasa Indonesia. Bahkan klau tdk salah kitab alHidayah yg sy sebut d atas itu telah mndapat sambutan yg teramat baik dari seorang guru besar ilmu hadits sekaligus rektorJaami'atu lAzhaar Qahirah. Meski secara formal pndidikannya hnya smpai mu'allimin (setingkat aaliyyah), namun kepakaran beliau tak diragukan. Sy sndiri tdk mngetahui ada berapa bnyak ulama di Indonesia -kini- yg produktif mnulis dalam bahasa Arab.
Koleksi kitab beliau yg baru sy punya itu ada alMuyassar fii ilmi nnahwi (sebuah kitab linguistik bahasa Arab yg relatif mudah dicerna dengan sistematika pnulisan yg khas) jilid 1 & 2, kemudian ilmu lmanthiq (logika), hadyu rrasuul, ilmu ttauhiid, alKaafii fii illmi ssharfi dn masih bnyak lainnya yg beliau tulis berkenaan dengan 'aqidah, linguistik, fiqh, bahkan filsafat yg sy lupa judulnya & sebagian besar belum sy punyai --apalagi mngkhatamkannya
Mnurut sebuah riwayat (yg ntah sanadnya bersambung atau tidak), sewaktu masih muda (/kanak2?) beliau senantiasa terbangun di sepertiga malam utk menghafal sambil mrendamkan kakinya di air dingin spaya terhindar dari rasa kntuk. Karena etos belajar yg sedemikian beliaupun kbarnya hfal juga nazham2, seperti alfiyyah Ibn Malik, gramatika bahasa Arab yg tersusun dalam rima irama sebagaimna puisi, dll..

Smoga Allah memanjangkn umur beliau & mmberinya maqam yg layak untuk segala jihad ilmiyyahnya.. Aamiin..




AlMuyassar fii 'Ilmi nNahwi
almujladu tstsaanii
Karya Ulama Asgar (Asli Garut) alUstaadz Aceng Zakaria
atThab'atu lUulaa-nya keluar saat sy baru disapih
meskipun namanya alMuyassar, tp percayalah buku linguistik bahasa Arab ini tak lebih mudah dicerna daripada Matn Jurumiyah.
Ustadz Sulaeman alMarhuum yg pertama kali mngajarkannya pada saya sambil menulis d blackboard sambil terbatuk-batuk tapi sebagian murid takmenghiraukannya.




Tapi menurut beliau dalam pngantarnya terhadap buku Belajar Nahwu Praktis sistem 40 Jam, alMuyassar ini pertama kali terbit pada tahun 1987 M / 1408 H (berarti 5 tahun sebelum sy lahir) (dibuat sekitar 27 tahun yg lalu). Sejak itu sampai tahun 2004 kitab ini telah mengalami cetak ulang sebanyak 25 kali (best seller dong hehe) telah tersebar dan digunakan di pesantren2 di pulau Jawa, Sumatra, Kalimantan. Dosen2 sy sngat mrekomendasikn buku ini pda mhasiswa. I think Arabic linguist around the world should read this. Nanti klau ke Mesir saya ingin tunjukkan ini pada adDuktuur Ayman Amiin penulis kitaab al-Kaafi fii Ilmi nNahwi What so amazing...

biarkan terbang

Rabbiy, izinkanlah energi positifMu senantiasa mengalir bersama tiap-tiap sel darah merah dalam tubuhku, melewati setiap milinya sehingga energi itu akan senantiasa mengiringi setiap hela nafas serta serat-serat otot kakiku untuk berlari kencang kemudian terbang mencari cintaMu,,,,